Informasi lengkap tentang manfaat, kandungan, ternak, harga semut jepang

Panduan Singkat Cara Ternak Semut Jepang di Rumah

Cara ternak semut jepang tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan. Anda hanya perlu menyediakan beberapa stoples bekas sebagai tempat semut semut tersebut diternakkan, kapas steril yang berbentuk bulat bulatan sebagai rumah untuk semut jepang yang akan diternakkan di dalam stoples, kemudian ragi tape sebagai makanan semut jepang, dan yang paling utama adalah untuk menyiapkan bibit semut jepang itu sendiri yang bisa anda dapatkan lewat peternak peternak lain atau membeli via online

Sebab saat ini sudah mulai banyak orang yang menawarkan bibit semut jepang untuk diternakkan via koneksi dalam jaringan. Modal yang harus dikeluarkan untuk mebangun peternakan semut jepang tidak terlalu banyak, dengan modal Rp 100 ribu saja anda sudah bisa beternak semut jepang dengan bibit semut berjumlah sekitar 100 ekor.

Ternak Semut Jepang

Dalam proses ternak semut jepang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh peternak. Salah satunya adalah untuk menjaga suhu stoples yang digunakan sebagai tempat atau kandang semut jepang. Suhu yang terbaik untuk melakukan ternak adalah berkisar kurang lebih 30 derajat celsius. Jangan sampai terlalu berlebihan, dan juga jangan sampai kurang. Hal tersebut dapat mempengarui proses perkembangan semut jepang.

Selain itu, kondisi kebersihan tempat atau kandang juga harus diperhatikan. Jangan sampai kandang dibiarkan kotor, maka dari itu stoples tempat memelihara semut jepang harus dibersihkan secara rutin, dan juga harus diberi lubang lubang kecil untuk sebagai tempat pertukaran udara agar semut jepang tak mati. Namun lubang tersebut ukurannya harus lebih kecil daripada semut jepang yang diternakkan.

Kemudian, untuk memberikan makanan pada semut jepang yang diternakkan juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada takaran takaran tertentu dalam urusan makanan yang harus diberikan pada semut jepang. Tidak boleh kurang, dan juga tidak boleh berlebihan. Untuk jumlah semut 100 ekor makanan yang harus diberikan cukup 1 butir ragi tape selama 3 hari sekali.

Ternak semut jepang paling cepat mencapai panen adalah setelah 2 sampai 3 bulan. Sebab setelah kurun waktu tersebut semut semut jepang yang diternak sudah berkembang biak menjadi 3 sampai 6 kali lipat dari jumlah semula. Saat inilah semut jepang dapat dipanen, baik semutnya maupun ulat bakal semutnya.

Panduan Singkat Cara Ternak Semut Jepang di Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar